page contents Membangun Motivasi dalam diri | SEBUAH CATATAN

Minggu

Membangun Motivasi dalam diri

Cita-cita atau tujuan hidup ini hanya bisa diraih jika kita memiliki motivasi yang kuat dalam diri kita. Tanpa motivasi apa pun, sulit sekali kita menggapai apa yang kita cita-citakan. Tapi tak dapat dipungkiri, memang cukup sulit membangun motivasi di dalam diri sendiri. Bahkan, mungkin kita tidak tahu pasti bagaimana cara membangun motivasi di dalam diri sendiri. Padahal, sesungguhnya banyak hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan motivasi tersebut. Caranya…? coba simak kiat berikut ini:


1.  Ciptakan Sensasi
Ciptakan sesuatu yang dapat “membangunkan” dan membangkitkan gairah kita saat pagi menjelang. Misalnya, kita berpikir esok hari harus mendapatkan keuntungan 1 milyar rupiah. Walau kedengarannya mustahil, tapi sensasi ini kadang memang semangat kita untuk berkarya lebih baik lagi melebihi apa yang sudah kita lakukan kemarin.


2.  Kembangkan Terus Tujuan Kita
Jangan pernah terpaku pada satu tujuan yang sederhana. Tujuan hidup yang terlalu sederhana membuat kita tidak memiliki kekuatan lebih. Padahal, guna meraih sesuatu kita memerlukan tantangan yang lebih besar untuk mengerahkan kekuatan Anda yang sebenarnya. Tujuan hidup yang besar akan membangkitkan motivasi dan kekuatan tersendiri dalam hidup kita


3.  Tetapkan Saat Kematian
kita perlu memikirkan saat kematian meskipun gejala ke arah itu tidak dapat diprediksikan. Membayangkan saat-saat terakhir dalam hidup ini sesungguhnya merupakan saat-saat yang sangat sensasional. Kita dapat membayangkan ‘flash back’ dalam kehidupan kita. Sejak kita menjalani masa kanak-kanak, remaja, hingga tampil sebagai pribadi yang dewasa dan mandiri. Jika kita membayangkan ‘ajal’ kita sudah dekat, maka akan memotivasi kita untuk berbuat lebih banyak lagi selama hidup kita


4.  Tinggalkan Teman yang Tidak Perlu
Jangan ragu untuk meninggalkan teman-teman yang tidak dapat mendorong kita mencapai tujuan. Sebab, siapa pun teman kita, seharusnya mampu membawa kita pada perubahan yang lebih baik. Ketahuilah, bergaul dengan orang-orang yang optimis akan membuat kita berpikir optimis pula. Bersama mereka, hidup ini terasa lebih menyenangkan dan penuh motivasi.


5.  Hampiri Bayangan Ketakutan
Saat kita dibayang-bayangi kecemasan dan ketakutan, jangan melarikan diri dari bayangan tersebut. Misalnya, selama ini kita takut akan menghadapi masa depan yang buruk. Datang dan nikmati rasa takut kita dengan mencoba mengatasinya. Saat kita berhasil mengatasi rasa takut, saat itu kita telah berhasil meningkatkan keyakinan diri bahwa kita mampu mencapai hidup yang lebih baik.


6.  Ucapkan “Selamat Datang” pada Setiap Masalah
Jalan untuk mencapai tujuan tidak selamanya semulus jalan tol. Suatu saat, kita akan menghadapi jalan terjal, menanjak, dan penuh bebatuan. Jangan memutar arah untuk mengambil jalan pintas. Hadapi terus jalan tersebut dan pikirkan cara terbaik untuk bisa melewatinya. Jika kita memandang masalah sebagai sesuatu yang mengerikan, kita akan semakin sulit termotivasi. Sebaliknya, bila kita selalu siap menghadapi setiap masalah, maka kita seakan memiliki energi dan semangat berlebih untuk mencapai tujuan kita


7.  Mulailah dengan Rasa Senang
Jangan pernah merasa terbebani dengan tujuan hidup kita. Coba nikmati hidup dan jalan yang kita tempuh. Jika sejak awal kita sudah merasa ‘tidak suka’, maka rasanya, motivasi hidup tidak akan pernah Anda miliki.


8.  Berlatih dengan Keras
Tidak bisa tidak, kita harus berlatih terus bila ingin mendapatkan hasil terbaik. Pada dasarnya, tidak ada yang tidak dapat Anda raih jika kita terus berusaha keras. Semakin giat berlatih, semakin mudah pula mengatasi setiap
kesulitan.


Kesimpulan: motivasi adalah ’sesuatu’ yang dapat menumbuhkan semangat kita dalam rangka mencapai tujuan. Dengan motivasi yang kuat di dalam diri sendiri, kita akan memiliki apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap diri dan hidup ini. Sehingga kitapun tidak ragu lagi melangkah mencapai tujuan dan cita-cita hidup kita.!
Mudah mudahan artikel ini dapat memberikan gambaran Motivasi bagi diri saya Pribadi dan Sahabat


Sumber : Berfikir & Berjiwa Besar

Artikel Yang Berhubungan



32 comments:

heru mengatakan...

penjelasan yang bagus dan lengkap sobat,semoga saya dapat menerapkan semua itu
salam sukses

kolom ponsel mengatakan...

Pembahasan yang menarik sobat...

syahidacomputer mengatakan...

MAntabs semua, mulai no 1 sampe 8. Sangat menggugah semangat tuk memperbaiki diri menuju masa depan yang gemilang. Makasih sahabat ...

rahmatea mengatakan...

seperti biasa tips nya selalu menarik dan bermanfaat untuk di laksanakan dalam kehidupan kita sehari hari.......

oya sob, tinggal di lembang ya? boleh tahu di mana lembangnya? saya sering ke lembang lho.....sukaampat, cikidang, sukamantri, cihideung, parongpong, jayagiri dan sekitarnya......

salam buat keluarga di rumah......

ina mengatakan...

bener.. tinggalin temen yg gag perlu hehehe

Mhya mengatakan...

cara yang bagus dalam memotivasi diri kita...thanks ya....

iswady mengatakan...

memang motivasi diri sangat penting dan yang terpenting adalah lebih cepat lebih baik

penghuni60 mengatakan...

mantep deh infonya, jd termotivasi nih.. thnks sobat

Osi mengatakan...

Sebagian ada yang blm di terapkan, tdk terpikirkan sebelumnya, terima kasih telah mengingatkan

Ferdinand mengatakan...

Setuju Sob....Klo ga ada tujuan mah apa yg mau Dicapai.....

N kayanya bener juga Sob, mikirin hal2 ekstreem kaya kematiaN Kadang bagus juga buat hidup hhe....Makasih nie In spirasinya ...

aryadevi mengatakan...

iya sahabat, menambahi setiap orang punya cara sendiri dalam mengatasi permasalhannya, dengan pengalamannya tentu dia punya trik tersendiri walaupun tidak terkondisikan seperti diatas, tapi jelas setiap maslah pasti akan lewat

Rijaningrum mengatakan...

Motivasi kita bisa muncul jika adanya keinginan yang kuat untuk mencapai sesuatu...Tanpa adanya keinginan yang kuat mungkin saja motivasi dalam dirinya sendiri tidak akan bisa muncul....

Dennis mengatakan...

saya simpan tuk bekal deh... makasi y ... d bagi2 ilmu

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

saya juga merasa termotivasi :) !

Dunia Komputer mengatakan...

Setuju sob, tanpa motivasi sulit sekali untuk meraih sesuatu. Artikel yang bagus.

fai_cong mengatakan...

artikelnya sangat bermanfaat kang.
motivasi selalu dibutuhkan untuk menjalani hidup ini.
makasih udah mau berkunjung kang.
salam

archv3nture mengatakan...

setelah dibaca2 brulang2..artikelnya memberikan pencerahan dan membangkitkan motivasiku lg..trimakasih dah berbagi..ditunggu artikel slnjutnya...

Lembaga Pelatihan mengatakan...

Secara logika ...memotivasi diri sendiri seharusnya lebih mudah daripada memotivasi orang lain, namun ternyata tidak begitu ada bagian dari diri kita yang selalu ingin dimanja dengan hal hal yang sifatnya sesaat... Artikel yang sangat mengesankan..jarang ditemukan.
Trims

Johnson Manurung mengatakan...

tempat yang selalu menimbulkan kerinduan untuk selalu hadir disini. Terima-kasih sahabat untuk semuanya. Salam

ghielz mengatakan...

tipsnya mantaps nie sabat ... keren ...

Ana Cristina mengatakan...

Hi friend, thanks for your visit. Wish you a very happy Wednesday! Cheers!!!

vie nasution mengatakan...

aku seneng banget kalo lagi baca2 artikel yang bahas tentang motivasi!!! soalnya itu bisa membuat aku lebih semangat lagi!!!
keren banget tips2 nya!! sukses terus kawan!!!!

rositazh mengatakan...

Ucapkan “Selamat Datang” pada Setiap Masalah

ya...lebih baik menyambut setiap masalah yg datang daripada menghindarinya...karena semakin cepat dihadapi semakin cepat selesai masalah tsb..

wawan mengatakan...

Mkasih kak, motivasi itu sngat penting untuk kita!!


Kunjungn pertamaku, low berkenan, follow balik ya!

blog megadiskon mengatakan...

artikel yang bermanfaat, apalagi pada bagian yang no.3, tetapkan waktu kematian. setuju sekali:)!

informasi teknologi mengatakan...

saya tdk mengerti dengan point ke 3 ,,,

obat radang paru-paru mengatakan...

boleh juga tu tips..
tapi gan tx tw knpa susah banget tu membangun motivasi..
dulu ajj saya mesti d hipnotis dulu,,hahaha

obat alami asam urat mengatakan...

infonya bgus .
jadi termotifasi nih

obat tradisional batu ginjal mengatakan...

sangat bermanfaat...
terus semangat dengan cara memotivasi diri sendiri

obat infeksi saluran kemih mengatakan...

8 cara untuk di coba menumbuhkan semangat untuk mencapai tujuan

agen jelly gamat depok mengatakan...

motivasi yg berawal dari disendiri akan lebih baik dari pada motivasi dari orang lain

penerjemah bahasa jerman mengatakan...

terima kasih atas artikelnya sangat menarik & bermanfaat
salam kenal & sukses selalu

Poskan Komentar