page contents Mengembangkan cara Berfikir Positif | SEBUAH CATATAN

Rabu

Mengembangkan cara Berfikir Positif

Kita semakin menyadari sekarang jika berpikir positif dan berhenti mengkhawatirkan segala sesuatu adalah sesuatu yang penting kita lakukan dalam meraih suatu kerberhasilan, baik untuk menjadi pemimpin atau saat kita memimpin. Oleh karena itu, latihlah diri Anda untuk terus berpikir positif.
Berikut ini ada beberapa tips untuk mengembangkan cara berpikir positif.


1. Selalu gunakan kata-kata yang positif saat Anda berpikir dan berbicara. Gunakan kata-kata seperti "Tuhan pasti memampukanku", "Dengan pertolongan Tuhan, aku pasti bisa melakukannya", dll..


2. Biarkan pikiran Anda dipenuhi dengan kebahagiaan, kekuatan, dan keberhasilan. Apa pun situasi yang Anda hadapi, carilah dan isilah pikiran Anda dengan sisi positif dari situasi tersebut. Dalam segala sesuatu, sisi positif dan negatif selalu ada. Seburuk apa pun situasi yang Anda alami, pasti ada sisi positif yang terkandung dalam situasi itu. Mungkin sulit untuk melihat sisi positif dari apa yang Anda alami, tapi cobalah lihat lebih dalam, sisi positif itu pasti ada.


3. Cobalah untuk menghilangkan dan mengabaikan pikiran yang negatif. Gantikan pikiran yang negatif dengan pikiran-pikiran yang membangun. Ganti pikiran: "saya tidak bisa melakukan hal ini" dengan "saya bisa melakukan hal ini dengan lebih baik setiap saat saya memohon penyertaan Tuhan dan mencoba melakukannya".


4. Sebelum melakukan sesuatu, jangan bayangkan sebuah kegagalan, tapi bayangkanlah keberhasilan yang Anda akan dapat setelah melakukan sesuatu hal tersebut. Jika Anda membayangkannya dengan sungguh-sungguh dan penuh iman, Anda akan terheran-heran dengan apa yang terjadi nantinya.


5. Cobalah untuk tidak memikirkan sesuatu secara berlebihan. Sering kali kita terjebak untuk terlalu banyak berpikir dan menghabiskan banyak waktu untuk menimbang-nimbang atau memikirkan apa yang orang lain mungkin pikirkan tentang diri kita. Hal itu akan membuat Anda tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik Anda.


6. Penuhi pikiran Anda dengan talenta-talenta anugerah Tuhan yang Anda miliki. Jangan biarkan pikiran Anda dipenuhi dengan kelemahan-kelemahan yang mungkin Anda miliki. Dengan memikirkan setiap talenta yang Anda miliki, nantinya Anda akan semakin mengenali kemampuan Anda yang membedakan Anda dari orang lain. Jadikan cara berpikir yang demikian itu sebagai topi Anda. Jangan pakai "topi pikiran negatif".


7. Bergaullah dengan orang-orang yang berpikir positif. Pikiran yang positif itu seperti penyakit menular. Jika Anda berada di dekat orang-orang yang pikirannya dipenuhi kebahagiaan dan keoptimisan, Anda akan secara otomatis dipengaruhi oleh cara berpikir mereka yang positif.


8. Bacalah buku-buku yang membangkitkan inspirasi -- setidaknya satu halaman setiap harinya. Buku-buku inspiratif seperti itu akan membantu Anda untuk dapat berpikir positif.


9. Biasakan untuk selalu duduk dan berjalan dengan punggung tegak. Kebiasaan seperti itu akan membantu meningkatkan rasa percaya diri dan kekuatan yang ada dalam diri Anda.


10. Berjalan, berenang, atau berolahragalah. Hal-hal tersebut akan membantu Anda untuk mengembangkan pikiran dan sikap yang lebih positif.Putuskan untuk berpikir positif mulai sekarang dan tinggalkan pikiran-pikiran yang negatif. Tidak ada kata terlambat untuk mulai berpikir positif dan Anda akan segera mengalami hal-hal yang lebih baik daripada sebelumnya.


Sumber : Williams, Aurelia. Dump the Junk & Think Positively!

Artikel Yang Berhubungan



21 comments:

kapten teknologi mengatakan...

pikiran kotor akan keluar karena terbiasa. dan kurang'nya ke'imanan seseorang sehingga mudah sekali berpikiran kotor terhadap orang lain.
artikel menarik sob.

My PC Spot mengatakan...

Artikel yang bagus sobat. Segala sesuatu memang harus dimulai dan dilakukan dengan pikiran postif agar hasilnya postif juga. Thumbs up buat sobat!

Indah Prihandini mengatakan...

nice tips, makasih ya :)

rositazh mengatakan...

berpikir positif itu harus...tapi kadang kala pikiran negatif datang jg...^^

♥ria♥ mengatakan...

bener pikiran postif itu penting banget
kalo kita selalu postif pasti yg datang ke kita jg postif ^^

tubir mengatakan...

thnk buat pmikirannya... saya suka sekali dengan motivasi2 seperti ini. apalagi pikkiran saya yang terkadang sering naik trun sebagai gejolak muda

VAN MOVIC mengatakan...

weew...
makasih atas motivasinya sahabat,,,
sangat positif bagii saya

Bunglon Blog mengatakan...

wah bener banget sobat, kita harus senantiasa berfikir positif tapi kadang2 fikiran negatif perlu juga loh sob dalam kondisi dan keadaan tertentu y g, hehe...
sukses sobat!

Johnson Manurung mengatakan...

artikelnya sangat menarik dan saya sependapat bahwa kita harus selalu berpikir dan bertindak positif. Salam

aryadevi mengatakan...

ikut menggenapkan menjadi 10, ya sobat, terasa sudah..bahkan sangat, jika dalam kondisi emosi, ternyata dapat diredam dengan mengeluarkan pikiran pikiran positif..klise memang, tapi nyata.

Salon Oyah mengatakan...

Okelah... kalaw begituwww...

richo mengatakan...

berpikir positip biar ga terbelenggu rasa2 yang ga penting..... ayoooo

Bang rachmat mengatakan...

pernah waktu mengikuti pendidikan inovasi saya disuruh untuk menusukkan sebuah sedotan hingga menembus sebuah kentang, kalau dipikir-pikir apa bisa sedotan yang lembek, gampang bengkok menembus buah kentang yang keras. Namun kami diajarkan untuk berpikir positif bahwa pastilah bisa sedotan itu menembus kentang, dan setelah di praktekan memang ternyata bisa. Itulah kekuatan positif thinking.

Ambae.exe mengatakan...

utamakan hal2 positif dan selalu berpikir yg positif pula...
perkecil kemungkinan saling mengejek dan mencari kelemahan

krn pd dasarnya ada hal baik yg tersirat di dalamnya

Bonthain mengatakan...

percaya diri itu penting agar semangat tuk trus maju pun sll hadir dlm diri QT...tp janganlah terlalu membanggakan diri...terlebih di hadapan orang...justru sesuatu yg berlebihan akan menurunkan tingkat kepekaan saling menghargai

mhya mengatakan...

dalam hati dan pikiran kita memang seringkali bertarung antara yang benar dan yang salah, langkah kitapun merupakan hasil penentu dari pola pikir kita. Semoga kita selalu dijalan yang benar dan diberikan hidayahNYA Amiiinn...

Lembaga Pelatihan mengatakan...

Berpikiran positif tidak terbatas hanya didalam kepala dan ucapan.. perilaku juga harus mengikuti; misalnya mengikuti aturan yang berlaku, naik motor pakai helm, SIM, STNK, aturan berlalu lintas dll. tanpa diembel embel yang macam2.. just follow. Istilah lainnya adalah EASY GOING... tidak ada yang dibuat menjadi rumit semuanya bisa disederhanakan dan dibuat mudah bila kita mau. Dan ini menyehatkan...!! saya dah membuktikan ketika General Check Up Kesehatan (check all in)... ternyata hal seperti ditanyakan oleh dokter.

SoNsOn mengatakan...

to All my best Friend, thanx for your comment, semoga bisa bermanfaat bagi saya dan sahabat semua

cpu mengatakan...

hem...lagi2 postingnya mantabs...bangets.
bisa pencerahan buat diri sendiri.

hepatitis c mengatakan...

mari kita biasakan untuk berfikir positif

TEACHERS' GUIDE - SULWANRI 'S BLOG mengatakan...

Nice info.

Poskan Komentar