page contents 5 kunci pengokoh jiwa penenang bathin | SEBUAH CATATAN

Senin

5 kunci pengokoh jiwa penenang bathin

1. AKU HARUS SIAP MENGHADAPI HIDUP INI, APAPUN YANG TERJADI

Hidup di dunia ini hanya satu kali, aku tak boleh gagal dan sia-sia tanpa guna
Tugasku adalah menyempurnakan niat dan ikhtiar, perkara apapun yang terjadi kuserahkan
kepada Allah Yang Maha Tahu yang terbaik bagiku. Aku harus selalu sadar sepenuhnya bahwa
yang terbaik menurutku belum tentu yang terbaik menurut Allah SWT.
Bahkan sangat mungkin aku terkecoh oleh keinginan dan harapanku sendiri. Pengetahuan tentang
diriku atau tentang apapun amat terbatas sedangkan pengetahuan Allah menyelimuti segalanya,
Dia tahu awal, akhir dan segala-galanya.
Sekali lagi betapapun aku sangat menginginkan sesuatu, tetap hatiku harus kupersiapkan untuk
menghadapi kenyataan yang tak sesuai dengan harapanku.
Karena mungkin itulah yang terbaik bagiku.


2. AKU HARUS RELA DENGAN KENYATAAN YANG TERJADI

Bila sesuatu terjadi, yaa?.. inilah kenyataan dan episode hidup yang harus kujalani.

Aku harus menikmatinya, dan aku tak boleh larut dalam kekecewaan berlama-lama,
kecewa, dongkol, sakit hati tak akan merobah apapun selain menyengsarakan diriku sendiri,
dongkol begini, tak dongkol juga tetap begini.

Hatiku harus realistis menerima kenyataan yang ada, namun tubuh serta pikiranku harus tetap
bekerja keras mengatasi dan menyelesaikan masalah ini.

Bila nasi telah menjadi bubur, maka aku harus mencari ayam, cakweh, kacang polong, kecap,
seledri, bawang goreng dan sambal agar bubur ayam spesial tetap dapat kunikmati.


3. AKU TAK BOLEH MEMPERSULIT DIRI

Aku harus yakin bahwa hidup ini bagai siang dan malam pasti silih berganti. Tak mungkin siang
terus-menerus dan tak mungkin juga malam terus-menerus, pasti setiap kesenangan ada
ujungnya begitupun masalah yang menimpaku pasti ada akhirnya, aku harus sangat sabar
menghadapinya.

Akupun harus yakin bahwa setiap musibah terjadi dengan ijin Allah Yang Maha Adil, pasti sudah
diukur dengan sangat cermat oleh-Nya tak mungkin melampaui batas kemampuanku, karena Dia
tak pernah mendzalimi hamba-hamba-Nya.

Aku tak boleh mendzalimi diriku sendiri, dengan pikiran buruk yang mempersulit dan
menyengsarakan diri, pikiranku harus tetap jernih, terkendali, tenang dan proporsional,
aku tak boleh terjebak mendramatisir masalah.

Aku harus berani menghadapi persoalan demi persoalan, tak boleh lari dari kenyataan,
karena lari sama sekali tak menyelesaikan bahkan sebaliknya hanya akan menambah masalah.
Semua harus dengan tegar kuhadapi dengan baik, aku tak boleh menyerah, aku tak boleh kalah.

Mesti segala sesuatu akan ada akhirnya, begitupun persoalan yang kuhadapi seberat apapun
seperti yang dijanjikan Allah " Fainnama'al usri yusron innama'al 'usri yusron" dan
sesungguhnya bersama kesulitan itu pasti ada kemudahan, bersama kesulitan itu pasti ada
kemudahan. Janji yang tak pernah mungkin dipungkiri oleh Allah SWT.


4. EVALUASI DIRI

Segala yang terjadi mutlak adalah ijin Allah SWT, dan Allah tak mungkin berbuat sesuatu yang sia-sia.

Pasti ada hikmah dibalik setiap kejadian, sepahit apapun pasti ada kebaikan yang terkandung
didalamnya, bila disikapi dengan sabar dan benar.

Harus kurenungkan mengapa Allah menakdirkan semua ini menimpaku, bisa jadi peringatan
atas dosa-dosa kita, kelalaianku atau mungkin, saat kenaikan kedudukanku disisi Allah.

Mungkin aku harus berpikir keras untuk menemukan kesalahan yang kuperbaiki.

Setiap kejadian bagai cermin pribadiku, aku tak boleh gentar dengan kekurangan dan kesalahan
yang telah terjadi, yang penting kini aku mengetahui diriku yang sebenarnya dan aku bertekad
sekuat tenaga untuk memperbaikinya, Allah Maha Pengampun dan Maha Penerima Taubat.


5. ALLAHLAH SATU-SATUNYA PENOLONGKU

Aku harus yakin kalaupun bergabung seluruh manusia dan jin untuk menolongku tak mungkin
terjadi apapun tanpa ijin-Nya.

Hatiku harus bulat total dan yakin seyakin-yakinnya, bahwa hanya Allahlah satunya-satunya
yang dapat menolong memberi jalan keluar terbaik dari setiap urusan.

Tidak ada yang mustahil bagi-Nya, karena segala-galanya adalah milik-Nya, dan sepenuhnya
dalam kekuasaan-Nya.

Tak ada yang dapat menghalangi jikalau Dia akan menolong hamba-hamba-Nya, Dialah yang
mengatur segala sebab datangnya pertolongan-Nya.

Oleh karena itu aku harus benar-benar berjuang, berikhtiar untuk mendekati-Nya dengan
mengamalkan apapun yang disukai-Nya dan melepaskan hati ini dari ketergantungan selain-Nya,
karena selain Dia hanyalah sekedar makhluk yang tak berdaya tanpa kekuatan dari-Nya.

Ingatlah selalu janji-Nya "Barang siapa yang bertaqwa kepada-Ku, niscaya Ku beri jalan keluar
dari setiap urusannya dan Kuberi rizki / pertolongan dari tempat yang tak terduga, dan
barang siapa yang bertawakal kepada-Ku, Niscaya akan Kucukupi segala kebutuhannya".
(At-Thalaq : 2-3)

Semoga 5 kunci diatas dapat menenangkan hati yang sedang galau, cemas, was-was, khawatir
yang berlebihan dan pengobat stress. Ingat hanya dengan dzikrullah / mengingat Allah hati
akan menjadi tenang.
Semoga Bisa Bermanfaat bagi saya Pribadi dan sahabat sekalian

Dikutip dari Ceramah AA Gym

Artikel Yang Berhubungan



29 comments:

Unknown mengatakan...

salam sahabat
amien mendapatkan inspirasi jiwa di sini izin saya save boleh kan??thnxs n good luck ya

SoNsOn mengatakan...

Silahkan Sahabatku Dhana, semoga bisa bermanfaat bagi sahabat

Mhya mengatakan...

semoga kita bisa melakukan semua itu hingga iman kita bertambah kuat dan kokoh dan tak mudah goyah,,,,thanks ya bu,,,,

Dani Setiyawan mengatakan...

Bagus banget artikelnya mas Sonson... sangat inspiratif...
ohya tema blog kita sama.. boleh saling tuker link? Link mas Sonson sudah saya pasang di http://www.danisetiyawan.blogspot.com/
Terima kasih sebelumnya

SyahidaComputer mengatakan...

Wah ... dengan baca-artikel disini ... hati jadi tenteram, dan penuh semangat hidup .... thanks kawan telah berbagi.

btw.... ada yang musti diambil nich ... dateng ya ...

ica mengatakan...

Trimakasih sahabat... makasih banyak ya.. saya sangat senang mendapatkan artikel ini. Ini yang saya harapkan, apalagi boleh dikata saya sering diperhadapkan dengan rasa lelah dan kadang kecewa yang mangakibatkan keputusasaan itu muncul. Namun hari ini saya yakin saya bisa melalui semua itu dan saya juga akan menikmati hasilnya. Amin.

I2 mengatakan...

Saya sangat merasa termotivasi lagi setelah membaca artikel ini.
Makasih sobat.. makasih...
Artikel ini sungguh luar biasa...

Rachmat blog mengatakan...

artikelnya mencerahkan banget, memang dalam hidup ini kita harus menanamkan sikap ikhlas, sabar dan tawakkal, insya Allah batin kita menjadi tenang dan hidup pun jadi senang.

♥ria♥ mengatakan...

Setuju Allah adalah satu2nya yang bisa menolong kita

Berita Indonesia News mengatakan...

Nice post...!! dengan memamahami siapa kita sebenarnya.. melalui pertanyaan dari mana kita asalnya... kemana tujuannya... harus ngapain kita.. mungkin kita menemukan jawaban untuk menenangkan bathin...!!

selembar catatan mengatakan...

Kayaknya saya mau jadi pengunjung tetap nih

lina@women's perspectives mengatakan...

terima kasih pencerahannya, sangat bermanfaat...

cpu mengatakan...

wah...posting yang bagus bro.

mantabs dech pokoknya.

monitor 21" mengatakan...

waow....keren....

agenda rumah idaman mengatakan...

thanks postingnya.....
bagus buat evaluasi diri....

safru mengatakan...

Thank's motifasinya sob, mudah2an bisa dilaksanakan

Info Seputar Kita mengatakan...

Luar biasa. Tips 5 kunci pengikat jiwa penenang batin. Kita hendaknya memiliki kunci ini untuk hadapi gelombang kehidupan yang dahsyat. Banyak sudah yang tenggelam dan terombang-ambing dalam lautan kehidupan ini. Trims tipsnya yang padat, jelas dan aplikatif.

Prie mengatakan...

bertindak arif dan bijak dalam setiap langkah kehidupan, dan mengembalikan atas segala sesuatu yang terjadi kepada yang Maha Kuasa Allah azza wajjalla, semoga hati senantiasa tenang ...
artikel bagus mas ...

Alvita Rd mengatakan...

baguus... mudah2an bermanfaat...

karir cepat mengatakan...

instropeksi diri dan motivasi diri adalah hal penting, dan posting anda ini sangat mensupport untuk itu.

Anonim mengatakan...

izin share posting beda cinta dan suka ya.... trima kasih...

Zubila mengatakan...

itu semua tidak mudah tapi harus dimulai dari sekarang...butuh waktu yang panjang...tapi tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik...artikel anda bagus.

penyakit jantung mengatakan...

rassa nya sulit benget buat dapetin ketenangan batin.
makasi buat infonya,
semoga batin kita ada dalam ketenangan

obat alami pendarahan lambung mengatakan...

info yang bermanfaat,
akan saya coba,,,
salam kenal semuanya

xamthone plus mengatakan...

terima kasih atas inspirasinya...
sangat bermanfaat dan membantu saya untuk lebih berintropeksi diri.....

jelly gamat mengatakan...

intinya memang kita harus tetap bersyukur dan berikhtiar atas ni'mat yang telah Allah berikan ....

obat epilepsi mengatakan...

semoga kita mendapatkan ke 5 kunci tersebut
thanks buat infonya

obat infeksi saluran kemih mengatakan...

saya sullit banget dapetin yang namanya ketenangan bathin
semoga dengan kunci'' tersebut sya bisa mendapatkan nya

xamthone plus mengatakan...

artikel ya bagus,,,
makasih udah nyadarin bahwa cobaan ini memang berat tpi tetap harus di hadapi...
bagaimana pun ini hidup penuh coba dan uji

Posting Komentar