page contents 5 Tips Praktis Mengatasi Persoalan Hidup | SEBUAH CATATAN

Senin

5 Tips Praktis Mengatasi Persoalan Hidup

Hal yang pasti tidak akan luput dari hidup kita sehari-hari adalah apa yang disebut dengan "MASALAH" atau persoalan hidup. Dimanapun, kapanpun, apapun dan dengan siapapun, semua memungkinkan munculnya masalah.
Namun andaikata kita cermati dengan seksama ternyata dengan persoalan yang persis sama, sikap orangpun berbeda-beda. Ada yang begitu panik, goyah, kalut dan stres. Tapi ada pula yang menghadapinya dengan mantap, tenang atau bahkan malah menikmatinya.

Berikut ada 5 trik praktis mengatasi persoalan hidup:
1. Siap
Siap apa? siap menghadapi yang cocok dengan yang diinginkan dan siap menghadapi yang tidak cocok dengan yang diinginkan.
"Sempurnakanlah niat dan ikhtiar, namun hati siapkan untuk menerima apapun yang terbaik menurut kehendak Allah Swt"
2. Ridho
Siap menghadapi apapun yang akan terjadi dan bila terjadi maka satu-satunya langkah awal yang harus dilakukan adalah mengolah hati kita agar ridho (rela) dengan kenyataan yang ada.
"Hati harus ridho menerima apapun kenyataan yang terjadi sambil ikhtiar memperbaiki kenyataan pada jalan yang diridhoi Allah Swt"
3. Jangan Mempersulit Diri
Andaikata kita mau jujur, sesungguhnya kita ini paling hobi mengarang, mendramatisir dan mempersulit diri. Sebagian besar penderitaan adalah hasil dramatisasi perasaan dan pikiran kita. Maka dalam menghadapi persoalan apapun jangan hanyut tenggelam dalam pikiran yang salah. Kita harus tenang, menguasai diri dan renungkanlah janji dan jaminan pertolongan Allah Swt.
4. Evaluasi Diri
Ketahuailah hidup ini bagai gaung di pegunungan, apa yang kita bunyikan, suara itu pulalah yang akan kembali kepada kita, artinya segala yang terjadi pada kita adalah buah dari apa yang kita lakukan.
"Jadikanlah setiap masalah sebagai sarana efektif untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri" karena hal itulah yang menjadi keuntungan bagi diri dan pengundang pertolongan Allah Swt.
5. Hanya Allah Swt Satu-satunya Penolong
Sesungguhnya tiada akan terjadi sesuatu kecuali dengan ijin Allah Swt. Baik itu berupa musibah, maupun berupa nikmat.
Mati-matian kita ikhtiar dan meminta bantuan siapapun, tanpa ijin -Nya tak akan pernah terjadi yang kita harapkan. Maka sebodoh-bodoh kita adalah orang yang paling berharap dan takut kepada selain Allah Swt.

Insya Allah masalah yang ada akan menjadi jalan pendidikan dan akan semakin mematangkan diri, mendewasakan, menambah ilmu, meluaskan pengalaman, melipatgandakan pahala dan menjadikan hidup ini lebih bermutu dan terhormat dunia akhirat.
Dan tentunya kita harus selalu berdo'a kepada Allah Swt supaya kita dijauhkan dari berbagai masalah dan diberikan kekuatan oleh Allah Swt apabila mendapat masalah. Amin

Semoga Bermanfaat

Special Thanx to My Brother Donipatria.blogspot.com Blog Manajemen Diri

Artikel Yang Berhubungan



12 comments:

rositazh mengatakan...

wah..bagus baget, udah bayak pengalaman rupanya...^^...comment jg di blog ku ya...thx

Nurdin mengatakan...

Wah - wah kaya nya sih..bos..sudah pengalaman nih menghadapi hidup..yang semakin sulit aja..

kirim2x lagi dong motivasinya..biar tambah pintar kita mengatasi hidup..ini..yang kian hari kian menyiksa kaum miskin..mudah2x kita semua diberi kekuatan sama Allah SWT dalam menghadapi kesulitan hidup ini..

salam sukses,,

Yafiz mengatakan...

Sangat menarik entrinya. Senang bisa berkenalan dengan orang yang mau berbagi seperti Anda. Persoalan hidup memang selalu ada. Pentingnya pesersoalan ini bukan terletak pada besar-kecilnya masalah yang dihadapi, namun lebih pada bagaimana kita menyikapinya. thx

Adit's Blog mengatakan...

Tips bagus.

emang harus d share masalah ky gini.
hihi..

♥ria♥ mengatakan...

setuju ma tipsnya bagus ^___^
intinya jawaban dari persoalan hidup hanya ada ditangan kita *hehehe kaya bener aja aku ngomongny*

panduan dan tutorial photoshop mengatakan...

kepakai ni tips,... thnks gan

idhanz mengatakan...

wah bener juga tuh gan...

nice sharing,,

SoNsOn mengatakan...

Sahabatku Rositazh, nurdin, yafiz, adits blog, panduan dan tutorial photoshop, idhanz , ♥ria♥, Terima kasih semuanya telah memberikan komentar pada postingan artikel ini, mudah mudahan bisa bermanfaat bagi saya dan sahabat semua

Verifikasi PayPal tanpa CC mengatakan...

Setuju sob. Yang pasti klo ketemu masalah hadapi saja karena pasti dilewati, toh waktu kan terus berjalan gak bisa diulang. Soal hasil tergantung bagaimana kita menyelesaikannya. So easy going, just face your life!

cpu mengatakan...

wah thanks sharingnya sob....

obat alami pendarahan lambung mengatakan...

makasih yaa buat tips nya,
smoga bermanfaat

obat infeksi saluran kemih mengatakan...

trik yang sangat bermanfaat,
semoga kita selalu bisa mengatasi persoalan hidup
salam kenal buat semuanya

Poskan Komentar