page contents Hikmah dari Kehilangan Motor Kesayangan | SEBUAH CATATAN

Rabu

Hikmah dari Kehilangan Motor Kesayangan


Motor Yamaha Mio, bagi orang seperti saya adalah barang sangat mahal dan berharga. Kalau bisa dimiliki senangnya luar biasa. Sebaliknya, kalau hilang sedihnya juga tak kalah luar biasa.. Kisahnya, waktu itu saya sedang belibur. Hari itu sebenarnya hari jumat, kebetulan  hari jumat itu adalah hari libur nasional makanya saya tidak  masuk kantor.

Seharian Saya habiskan untuk mengisi liburan dengan istri dan ketiga anakku, muadz, hafsah dan Hanna, kami keliling kota bandung dengan mengendarai Motor Yamaha Mio kesayangan yang Bertepatan dengan bulan ini, masa cicilan kreditnya sudah selesai

Kami pergi mengunjungi Pameran Komputer di Jalan braga Bandung, setelah itu kamipun pergi mengunjungi Gramedia sekalian liat liat buku baru, Hari menjelang siang Kamipun melaksanakan Sholat Jum’at di Mesjid Agung Bandung, setelah itu karena permintaan si bungsu Kamipun mengunjungi tempat permainan anak anak tepatnya di pusat perbelanjaan Kings shoping centre, Betapa bahagianya saya melihat ketiga anakku sangat senang dan ceria

Menjelang Sore hari Kamipun Pulang Kerumah dengan perasaan Gembira, Motor Yamaha mio yang baru lunas seperti biasa saya simpan di depan rumah
Tak terasa terdengar kumandang Adzan Magrib. Sayapun bergegas ke Musholla yang letaknya tidak jauh dari rumah

Selepas  Sholat Maghrib dari Mushola Hujan turun dengan deras, karena takut motor kehujanan saya pindahkan Motor ke samping rumah.Saking asiknya saya Bercanda dengan ketiga anak saya, tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 9 malam, sayapun segera menidurkan ketiga  anak saya

Saya teringat bahwa motor belum saya masukan ke dalam rumah, Saya bergegas untuk  memasukan motor. Ketika menuju samping rumah, tiba-tiba saya melihat motor saya raib. Saya tak yakin bercampur syock. Ah, nggak mungkin, saya membatin. Saya berlari ke teras rumah. Berharap motor saya di teras rumah , jantung jadi berdebar-debar kencang. Kencang debarannya mirip dengan ketika pertama kali saya menemui istri di malam pertama, cuma rasanya di kepala sangat jauh berbeda.

Masih tak percaya, saya berlari ke teras depan guna mencocokkan antara kunci dan motor. Tak ada yang bisa diharapkan, situasi tak berubah, kuncinya ada, motornya tidak ada. Aduhai, kesalahan bukan pada mata saya, 100% motor benar-benar hilang.
Padahal motor itu baru saja lunas setelah selama 3 tahun kami mencicilnya dengan penuh perjuangan

Di depan rumah  saya menyempatkan sujud sambil menitikkan air mata. Bukan nangis kecewa saya rasa. Karena emosinya begitu kuat,    ”Ya Alloh, jika tidak adanya rasa berat dan kecewa di hati saya pada takdir-Mu ini karena perasaan motor itu sekedar titipan dariMU, maka sentuhlah hati ini agar saya merasa bahwa motor itu adalah amanah orang yang harus saya jaga sehingga saya merasakan berat ketika motor itu hilang. Tapi bila ketenangan dan tak adanya kecewa di hati saya pada takdir-Mu ini karena Rahmat-Mu yang Engkau celupkan dihati saya..karena Engkau telah mengkaruniakan keikhlasan di hati hamba..maka Ya Alloh…aku bersyukur dan karenanya jangan Engkau rubah takdir-Mu…terhadap kejadian ini dan terhadap keadaan hati saya ini..”

Kucoba bertahan dan tegar menghadapi semua ini, bercerita dengan istri tercinta.  Alhamdulilah, sang istri dapat memahami kondisi ini dan berusaha meyakinkan aku bahwa pasti ada hikmah dibalik semua ini.

Namun, sepertinya rasa haru dan tangis tak kuasa lagi kutahan, ketika anakku yang bungsu Hanna, menghambur dan mendekat ke arahku ketika dia bangun tidur pagi hari, dan berkata, “ Motor Hanna mana, Bi…??? “ dengan polos ia berujar. Seketika air mataku tumpah tak tertahankan. “ Nak, maafkan Abi yah. Doakan semoga motornya cepat kembali dan bisa ajak hanna dan kakak kakakmu jalan-jalan lagi keliling pake motor, “ ucapku lirih di telinganya dengan air mata yang semakin menderas…


Karena kejadian itu  saya lebih bisa menyelami hati mencari-cari hikmah yang bisa disyukuri. Inilah sebagiannya, ketika kabar motor hilang itu tasbih dan istighfar saya ternyata kemudian mampu menggetarkan hati, tak seperti biasa-biasanya. Malam itu kemudian saya bersama istri bisa bertahajjud dengan khusyuk. Muhasabah yang selama ini terlupakan, akhirnya muncul kembali. Ingat sama dosa, merasa ditegur sehingga keburukan tidak makin terlanjur, merasa diuji sehingga berharap dipanggil menuju derajat yang lebih tinggi. Alhamdulillah hati jadi lebih tentram.


Dengan penuh kerendahan diri dan niat tulus untuk berbagi hikmah kepada sahabat sekalian, saya berlindung kepada Alloh dari sikap pamer amal. Saya sekedar menjalankan kapasitas saya sebagai hamba yang sepatutnya menghitung-hitung nikmat Alloh semampu yang saya tangkap, kemudian mau bersyukur. Dan disini saya semata-mata mengharap pahala dari Alloh dari apa yang saya bagikan.

Dari kisah ini mudah-mudahan kita bisa mengambil hikmah. Yang pasti, bagi saya sejak kehilangan motor ini, membuat saya makin yakin bahwa ”hati” adalah segala-galanya. Bila Alloh membuatnya baik, maka itulah sebesar-besarnya nikmat kita di dunia. Tapi bila Alloh membiarkannya sakit, maka pasti berantakan hidup kita di dunia ini. Harta segala keindahan dunia sudah diberikan kepada kita, yang ada hanya ratapan, kesedihan, kebencian dan keputusasaan.

SahabatKU, sangat wajar bila kita bersedih atas hilangnya dunia dari tangan kita. Tapi menjadi tak wajar bila kita sampai kecewa berlebihan seolah-olah dunia itu milik kita. Dunia belum tentu kembali, tapi catatan dosa pasti tertambahi.

Untuk ujian yang datang, kita harus bersabar. Untuk hati yang bisa tenang, kita harus bersyukur. Jadikan satu paket ketika kita menghadapi sebuah ujian, InsyaAlloh, kitaakan menjadi pribadi luarbiasa!!. Wallohu ‘Alam Bisshowab..

Artikel Yang Berhubungan



73 comments:

aryadevi mengatakan...

tersadar...iya hati adalah segalanya, kami pun seperti tertegur sobat, selama ini sering bermain main dengan kotoran yang membuat hati buram.

Ezha_cuTe mengatakan...

Kak kejadiannya benar-benar terjadi...?

sebuah catatan mengatakan...

Untuk sahabatKU
@Aryadevi :
betul sekali sahabatKU, hati adalah segalanya, ketika kita di berikan Alloh hati ini bersih, dalam kondisi apapun kita akan selalu tenang dan selalu bisa mengambil hikmah dari semua kejadian

@ Adikku Rezza :
Betul sekali adikku kejadian ini baru terjadi waktu liburan kemaren hari jumat tanggal 2 April 2010

rahmatea mengatakan...

semoga Allah menggantinya dengan yang lebih baik lagi, sob.....

Kapten Teknologi mengatakan...

yang sabar ya sobat. hikmah dari kejadian tsb insyaallah allah bakal diganti 100 kali lipat bila anda ikhlas dan sabar. mungkin Allah sedikit bercanda pada anda dan mengujinyanya Dengan cara ini.
yakinlah rezeki bakal datang lebih tak terduga buat anda. amin.

sebuah catatan mengatakan...

@Rahmatea & Kapten Teknologi :
"Amin ya Robal alamin",Terima kasih sahabat Terbaikku atas doanya

Gieterror mengatakan...

tetap semangat sob,, smoga allah mengganti a dgn yg lebih baik...

heryanto mengatakan...

bersabar aja bro, mudah2an Allah ganti demngan yg baru dan pastinya lebih bagus.

Warna Tulisan mengatakan...

Keikhlasan yang sangat luar biasa ... perwujudan hati yang selalu berusaha untuk dekat denganNYA, semoga Allah SWT akan melimphkan berkah dan anugerah bagi sahabatku dan keluarga. Salam hormat dari Jakarta.

BlogPuisi mengatakan...

yang sabar ya mas..ikhlas dalam menghadapi apa yang terjadi itu sangat baik mas..salut sama mas saya.

Butik Bella mengatakan...

Duh.. saya begitu mengacungkan jempol buat mas dan keluarga. Begitu hangat... Dan Insya Allah akan ada pengganti dari Mio kesayangan mas yah.. Amin.

cellular mengatakan...

sabar ya shbt, semoga ujian yg diberikan ini, bisa untuk lebih bersyukur dan berhati-hati lagi, dan semoga dapat rejeki dari yang kuasa untuk dapat diberikan yang lebih baik lagi dari mio yg hilang.

Achmad Taher mengatakan...

musibah membawa nikmat, kuncinya dengan sabar dan ikhlas. gitukan ?

Ferdinand mengatakan...

Wah......sabar Sob...Ngasih pelajaran buat kita untuk lebih hati2......

Akmal Fahrurizal mengatakan...

memang semua peristiwa pasti ada himahnya,, cuma kebanyakan kita , termasuk saya, lebih menghitung apa2 yang menurut kita musibah jadi lupa deh bersyukurnya . .
:)

the international times mengatakan...

haruss tegar menghadapinya mas...semoga dgn kejadian ini dan iklas merelakannya anda akan mendapatkan yg lebih baik lagi.

rositazh mengatakan...

wah,ikut berduka ya...semoga cepet dapet penggantinya..

Tarbiyatun Nisaa mengatakan...

Semoga dapat ganti yang lebih baik shobat....

ina mengatakan...

hemmm.... ikhlas untuk barang semahal itu aku tahu susah...
tpi... mencoba ikhlas lama2 pun akan terbiasa,...
mudah2an dikasih ganti yg lebih baik...

semua kejadian ada hikmahnya...
:D

RUANG RINDU mengatakan...

Terima aja bila memiliki sesuatu yg hilang toh pd akhirnya saat matipun kita gk akan mmbawa harta

Sharing ilmu mengatakan...

ya ampon turut berduka mas..
semoga hikmah di balik ini semua lebih nikmat rasanya..
dan di berikan yang lebih baik..
AMIN.

BLACKOUT mengatakan...

Gpp mas yg hilang pasti ada gantinya asl mau berusha keras u/ meraihnya...Semoga

lina@happy family mengatakan...

Harus ikhlas menerima ujian ini Kang, mudah2an jadi sarana untuk 'naik kelas' dan Allah menggantinya dengan yang lebih baik..

Kejahatan memang ada di mana2, Bapak saya juga baru jadi korban, Alhamdulillah Beliau ikhlas...

Irawanqq Net mengatakan...

mudah-mudahan diganti lebih banyak lagi
sabar aja ya mas... :D

Pengunjung baru neh....
Jangan lupa mampir

Business and financial services mengatakan...

jgn terlalu disesali....biarlah hari itu anda kehilangan motor kesayangan anda. tapi nanti semoga anda akan mendapatkan yg lebih :)

NENSA MOON mengatakan...

Dibalik musibah, pasti ada hikmah...
Semoga anda tabah menghadapi cobaan ini...

Tixo mengatakan...

sungguh tidak akan sempurna keimanan seorang sebelum Alloh mengujinya.... semuanya pasti ada hikmahnya.. :) makasih postnya mas,.. :D

Fenomena Alam mengatakan...

salut...orang yang paling beruntung adalah orang yang mampu melihat hikmah dibalik sebuah musibah...

Lembaga Pelatihan mengatakan...

Orang yang diberikan ujian dan cobaan adalah yang akan ditingkatkan derajatnya..Amin...!!

Alvhie aja ga pake N mengatakan...

terharu membacanya...

Shahril @ eddy_duyung mengatakan...

Salam dr malaysia ....semoga saudara redha dgn apa yg berlaku,setiap perbuatan jahat pasti mendapat pembalasan yg setimpal...

intuisiblog.com mengatakan...

sabar pak, kalau bapak ikhlas niscaya akan diganti oleh ALLoh yang melebihi motor bapak. Semoga selalu tabah.

My Beauty Flash mengatakan...

yg sabar ya mas...duhhh ngenesss bangeddd... mudah2an dapet gantinya yg lebih baik yah... Amin :)

adegustiann mengatakan...

wah.. sabar ya pak.. banyak pasti banyak hikmah yang bisa diambil...

restry mengatakan...

yang sabar pak..semua pasti ada hikmahnya..

stereobk.com mengatakan...

Kok bisa sampe ilang kang??
Sabar ya

blogserba mengatakan...

Wah, kronologis yang sangat menyentuh hati saya. Disaat Anda dilanda "bencana" namun Anda bersama keluarga tetap kompak, tegar dan bersabar serta tak lupa terus memanjatkan dzikrullah yang semakin hari Anda jalankan semakin khusyuk.
Semoga kejadian yang menimpa diri Anda menjadi cerminan bagi Saya pribadi untuk selalu introspeksi diri.

Terimakasih sharingnya.

Semoga Anda tetap sukses selalu. Amiin .... !!

luthfi117 mengatakan...

yang sabar ya sob..
di balik peristiwa pasti ada hikmahnya...

TriZ mengatakan...

Aku belum tentu setabah Anda jika hal itu terjadi padaku... semoga Allah memberikan ganti yah laebih baik

Pecinta gratis mengatakan...

Cerita yang mengharukan. Sedih membacanya tapi kagum melihat sikap orang yang terkena musibah. Semoga diberikan ganti yang jauh lebih besar Bro... :)

marya mengatakan...

tak bisa berkata2, yg jelas!!! keren....
Jdi plajaran insya alah kalau klak menghadapi cobaan sperti mas harus lebih iklas dan sabar....amin

Bloggy mengatakan...

Trims kawan, ini bisa jadi perhatian buat saya. semoga diberikan rejeki yang lebih lagi sobat sonson.

Mikro mengatakan...

Yang sabar yah mas..
Semoga yang "Mengabil tanpa ijin" segera ber taubat..

Rezeki sudah ada yang mengatur :)

musthofa-idris mengatakan...

Kehilangan apapun bagi kita emang begitu menyakitkan. meskipun gitu, semua yang ada pada kita hanyalah milik Allah SWT. jadi kita harus mengikhlaskannya meskipun itu sulit. nice post kawan.....

03agoenk mengatakan...

yg tabah aja ya semoga nanti ditemukan motornya......

idhanz mengatakan...

semua barang yang kita miliki adalah titipan jadi akan diambil lagi oleh Allah..

tetap tabah ya gan :)

Ica mengatakan...

Setiap musibah pasti ada maknanya. Semoga kita tetap mengimani dan mensyukuri setiap rizki yang diberikan maka kita pun akan diberikan lebih dari yang kita pikirkan. Amin.

bonk AVA mengatakan...

bener banget mas, dibalik musibah pasti ada hikmah dari yang diatas. sabar ya.....

deny mengatakan...

benar-benar harus bersabar ya???

axc mengatakan...

nice post

kanker serviks mengatakan...

iya harus bersabar mas

kakak ♥ syifa ♥ aulia ♥ mengatakan...

kalau hidup enak terus, kita tidak bisa berani dan sabar

obat alternatif mengatakan...

ok juga postinganya...

semua pasti ada hikmah nya...

penyakit lupus mengatakan...

bner juga tuh kata si obat alternatif..
smua pasti ada hikmah nya,,

yg sabar aja

OBAT-ALTERNATIF mengatakan...

bersabar lah..
semua juga pasti ada hikmah nya..

tapi kok bisa kehilangan nya..
aneh juga...

ASAM URAT mengatakan...

bner tuh gan sabar aja...

dan ikhlas...
supaya banyak hikmah nyampiriin kita

xamthoneplus mengatakan...

sabar ya,,

smoga bnyak hikmah nya

obat alternatif kanker prostat mengatakan...

sabar aja..

pasti banyak hikmah nya..

amin

xamthone plus mengatakan...

sabar ya...

ingsalloh banyak hikmah nya...

amin

xamthone plus mengatakan...

sabar ya...

ingsalloh banyak hikmah nya...

amin

obat sakit pinggang mengatakan...

mengambil hikmah dari suatu kejadikan tindakan yg sangat mulia..

cara menjadi agen xamthone mengatakan...

yapz,, tentuny semua kajadian itu pasti selalu ada himahnya,,

sprei mengatakan...

wow nice steady interesting and useful info, really nice blog
sprei anak
sprei murah
bed cover murah

sprei bed cover mengatakan...

wow nice blog all your articles very helpful and ok. success is always hope
bed cover
bed cover murah murah

sedot wc mengatakan...

yang sabar yah

obat tradisional ambeien mengatakan...

menariik ni artikelnya

obat darah rendah mengatakan...

semoga ini juga jadi pelajaran bagi kita semua.

obat asma mengatakan...

informasi yang menarik, terimakasih telah berbagi

obat asam urat mengatakan...

semua peristiwa pasti ada hikmahnya...


Obat Penyakit Hepatitis

Obat Hipertensi mengatakan...

terimaksaih atas informasinya. sangat bermanfaat.
Obat Hipertensi

obat penambah berat badan mengatakan...

salut dengan ketegaran hatinya

obat radang prostat mengatakan...

good more naight guys, thank you information

Web Designers Pitampura mengatakan...

Very informative, keep posting such good articles, it really helps to know about things.

Poskan Komentar